Dick Advocaat Segera Diumumkan Sebagai Pelatih Baru Belanda

By Admin


nusakinicom - Pelatih kawakan Dick Advocaat diyakini segera diumumkan sebagai pelatih baru timnas Belanda dalam dua hari ke depan.

Federasi sepakbola Belanda (KNVB) mencari figur pelatih baru setelah memecat Danny Blind usai hasil minor pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018, Maret lalu. Setelahnya, Fred Grim muncul sebagai pelatih interim saat uji coba melawan Italia. Kini, KNVB siap mengumumkan secara resmi nama pelatih baru, Rabu (10/5) lusa.

Figur tersebut bukan sosok baru. Advocaat akan dipercaya memimpin Oranje untuk periode ketiga dalam karier kepelatihannya. Advocaat pernah menjabat sebagai bondscoach pada 1992-1994 dan 2002-2004. Pada periode tersebut Advocaat membawa Belanda ke perempat-final Piala Dunia 1994 dan semi-final Euro 2004.

Tahun lalu, Advocaat bahkan membantu Blind selaku asisten pelatih. Namun, posisi itu ditinggalkannya untuk menerima tawaran Fenerbahce. Kontrak sebagai pelatih Fenerbahce masih dijalani Advocaat hingga akhir bulan ini. Dalam usia 69 tahun, Advocaat akan menjadi pelatih tertua Belanda dalam sejarah.

Belanda mengagendakan uji coba melawan Maroko dan Pantai Gading, masing-masing pada 31 Mei dan 4 Juni. Setelahnya, 9 Juni, Oranje akan menjamu Luksemburg pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 di Rotterdam.

Direktur teknik KNVB, Hans van Breukalen, sempat bernegosiasi dengan Henk ten Cate -- eks asisten Frank Rijkaard di Barcelona. Pada akhirnya, pilihan KNVB jatuh pada Advocaat. Louis van Gaal, Frank de Boer, dan Ronald Koeman sempat pula dikaitkan dengan jabatan ini, namun mereka menyatakan tak berminat. (fft/om)